Budidaya Ikan Hias

Blog Budidaya Ikan Hias merupakan Blog yang berisi Seputar Dunia Ikan Diantaranya Ikan Lele,Ikan patin, Ikan Hias dan lain Sebagainya

Tuesday, June 5, 2018

6 Cara Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang Obat Alami

iklan
iklan
iklan
Cara Menjernihkan Air Aquarium banyak dipertanyakan oleh pecinta  ikan hias yang menggunakan media aquarium, karena seperti yang kita ketahui bahwa ikan hias secantik apapun tentunya mengeluarkan sisa-sisa makanan yang akan mengakibatkan keruhnya air dalam akuarium. Selain itu yang menyebabkan keruhnya aquarium adalah sisa pakan yang tidak di makan oleh ikan sehingga air terlihat keruh sehingga mengakibatkan keindahan akuarium berkurang.

Cara menjernihkan air aquarium bisa dilakukan secara mandiri dengan alat dan bahan yang mudah untuk didapatkan. Aquarium merupakan suatu wadah yang biasa digunakan untuk memelihara hewan air laut atau pun hewan air tawar. Aquarium biasanya juga digunakan sebagai hiasan untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup dan cantik. Oleh karena itu kebersihan pun sangat perlu untuk dijaga untuk menunjang kejernihan dari aquarium.
Cara Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang

Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang bisa anda coba ketika air dalam aquarium anda sedang keruh, atau bisa dengan kain filter aquarium, penjernih air aquarium alami, ataupun menggunakan obat penjernih air aquarium sebagai solusi jitu dalam mengatasi air akuarium yang keruh. Semua cara tersebut tidak asal pakai, tentu ada komposisi yang pas sehingga tidak mengakibatkan ikan yang hidup didalam aquarium tersebut mati.

Masalah yang sering dihadapi tidak hanya air akuarium yang keruh tapi juga terkadang muncul busa, pasti kehadiran tersebut tidak kita inginkan. Nah, tentu anda juga mencari informasi cara menghilangkan busa di aquarium dan resep air aquarium tetap jernih akan kami paparkan dengan jelas dan detail berikut ini.

Rahasia Air Aquarium Tetap Jernih


Baiklah, langsung saja kami Situs Budidaya Ikan Hias akan memberikan 6 Rahasia Air Aquarium Tetap Jernih  sebagai berikut :

1. Berilah Makan Hewan Peliharaan Secukupnya


Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi bahwa salah satu penyebab keruhnya aquarium adalah pemberian makan yang berlebihan, justru penyebab utama air aquarium cepat keruh adalah sisa makan yang berlebihan atau kandungan pakan yang memang memiliki pewarna yang tajam sehingga air cepat berwarna merah misalkan.

Hal ini bisa diatasi dengan memberikan jatah pakan sesuai porsinya saja, tidak perlu berlebihan karena itu juga berpengaruh terhadap kesehatan ikan hias yang anda pelihara. Perlakuan seperti itu tidak mempercepat pertumbuhan ikan hias tapi justru membahayakan kesehatan ikan anda, untuk itu jangan sia-siakan pakan yang anda beli. Memang harganya cukup murah, tapi menghamburkan barang itu tidak baik.

Simak Juga Kumpulan Cara Membuat Hiasan Aquarium Dari Plastik Murah Meriah

Pahami waktu makan yang tepat bagi ikan yang anda pelihara, setelah anda mengetahui dan mengamati berapa porsi makan yang harus kita berikan maka berikanlah sesuai porsinya dan sesuai waktunya untuk mencegah berlebihnya makanan yang bisa menyebabkan air pada aquarium cepat keruh bahkan mengakibatkan ikan hias cepat mati.

2. Ganti Air Akuarium Secara Rutin


Seberapa tepatnya anda memberikan jatah pakannya, tentu lambat laun kejernihan air akan berkurang karena filterisasi air ada keterbatasannya. Untuk itu agar proses sirkulasi air berjalan dengan baik, agar air tetap selalu terjaga kejernihannya, gantilah air akuarium secara rutin agar ikan merasa sehat.

Agar proses pergantian air tidak mengakibatkan ikan hias stress, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu air baru sehari sebelum proses pergantian agar ikan hias yang anda pelihara bisa beradaptasi dengan baik dan tidak stress. Supaya air yang anda ambil dari kran ataupun sumur bisa mengendap dan ikan mudah beradaptasi, biasanya air tersebut didiamkan sekurang-kurangnya satu malam. Namun itu untuk ikan tertentu, adapun untuk ikan yang tahan banting bisa langsung beradaptasi dengan air baru.

Agar terlihat lebih jerning, jangan lupa untuk membersihkan seluruh sisi kaca aquarium karena pada kaca tersebut tertempel kotoran-kotoran yang mengendap. Bersihkan dengan bahan kimia tidak masalah asalkan pada proses pembilasan benar-benar bersih dan tidak ada sisa kimia yang nantinya bisa mengakibatkan ikan mati atau bisa menggunakan obat untuk menjernihkan air aquarium.

3. Gunakan Filter Untuk Menjaga Kejernihan Air


Cara merawat aquarium agar tidak berlumut juga bisa menggunakan filter yang bisa menjernihkan air pada aquarium anda, dengan perputaran air yang berujung pada filterisasi akan mempertahankan kejernihan air. Dengan filter yang anda gunakan akan menyaring berbagai kotoran yang ada didalam aquarium termasuk sisa pakan yang diberikan.

Apabila filter kapas yang digunakan sudah mulai keruh dan penuh dengan kotoran, sesegara mungkin anda bersihkan atau diganti dengan yang baru agar proses filterisasi berjalan dengan lancar. Filter tersebut sepaket dengan pompa air yang mengatur peredaran air didalam aquarium, yang membawa kotoran masuk kedalam filter untuk penjaringan kotoran ikan.

Simak Juga Cara Ampuh Membersihkan Aquarium Dari Kerak Membandel Secara Cepat

4. Ganti Spons Atau pun Kain Yang Ada Pada Filter


Filter yang digunakan untuk menyaring kotoran pada aquarium bervariasi, ada yang menggunakan kapas, dan ada juga yang menggunakan spons untuk menyaring kotoran atau sisa-sisa makanan yang dihasilkan ketika pemelihara memberikan pakan yang berlebihan. Apabila anda menginginkan cara yang lebih ribet dan tidak membutuhkan biaya tambahan, bisa membersihkannya dengan sabun atau obat lainnya agar spons yang digunakan benar-benar bersih.

5. Menggunakan Arang


Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang bisa anda jadikan sebagai cara untuk membersihkan air aquarium dari kekeruhan yang menyebabkan tidak enak dipandang mata, arang yang selama ini sering digunakan sebagai bahan bakar ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan air aquarium yang keruh ataupun aquarium terkena lumut. 
Cara Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang


Bagaimana cara kerja arang untuk menjernihkan aquarium ? Ternyata kandungan arang mampu menjernihkan air, bebas akan klorin dan sehat untuk kelayakan hidup ikan hias didalam aquarium. Cara menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang cukup mudah, hanya dengan meletakkan arang didalam kotak filter dan nantinya kandungan arang akan menjalankan tugasnya sebagai arang. 

Untuk porsi arang yang digunakan untuk mengurangi kekeruhan air aquarium tidaklah sebanyak sponds filter yang ada dikotak filter, cukup letakkan areng 1 potong saja sudah cukup untuk menjernihkan air didalam aquarium.

Lakukan pengecekan arang yang anda taruh pada kotak filter aquarium anda, karena arang yang terkena air tentu akan lembab dan rapuh, saat sudah mulai rapuh maka sesegera mungkin anda ganti arang tersebut. Karena jika tidak diganti, pecahan-pecahan arang akan mengakibatkan isi air tersebut berubah menjadi keruh hitam.

Air akuarium seperti berkabut dan air akuarium keruh putih juga bisa diatasi dengan menaruh arang didalam kotak filter aquarium, akan tetapi jika anda berlebihan memberikan arang maka bisa menjadi penyebab air aquarium panas, untuk itu porsi arang yang digunakan harus pas sesuai takaran.

Selain dari 6 cara menjernihkan air aquarium juga ada lagi cara yang mungkin belum diketahui yaitu avian penjernih air aquarium, avian bisa anda gunakan untuk menjernihkan air aquarium anda dan tentunya sehat bagi ikan yang hidup didalamnya.

Itulah Cara Menjernihkan Air Aquarium yang bisa saya paparkan secara detail dan gamblang, semoga air pada akuarium anda selalu jernih dan enak dipandang mata.

No comments:

Post a Comment