Budidaya Ikan Hias

Blog Budidaya Ikan Hias merupakan Blog yang berisi Seputar Dunia Ikan Diantaranya Ikan Lele,Ikan patin, Ikan Hias dan lain Sebagainya

Tuesday, May 1, 2018

Cara Membuat Akuarium Akrilik Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Budidayaikanhias.com - Cara Buat Akuarium Akrilik memerlukan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa membuatnya dengan mudah, karena membutuhkan ketelitian tinggi dalam pembuatannya. Tapi semuanya bisa dipelajari secara otodidak asalkan memiliki kemauan dan memiliki optimisme yang tinggi, untuk itu disini mari kita bahas cara pembuatannya.

Akuarium akrilik berbeda dengan akuarium kaca yang mudah dibuat, Akuarium Akrilik memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan akuarium kaca yang notabenya mudah pecah. Untuk itu, salah satu kelebihan akuarium akrilik adalah tidak pecah dan tahan lama. Lantas bagaimana cara buat aquarium dari acrylic dengan mudah? Simak artikel ini hingga selesai.
harga akuarium akrilik



Harga Aquarium Akrilik

Seperti yang kita ketahui bahwa akuarium akrilik lebih mahal dibandingkan dengan akuarium kaca, harga akuarium akrilik kecil saja mencapai Rp. 89.000 yang dijual di tokopedia, dan harga akuarium akrilik besar mencapai jutaan rupiah. Dan untuk Harga Aquarium Akrilik Nisso dibanderol dengan harga yang lebih mahal, ukuran kecil di baderol dengan harga Rp. 175.000 di tokopedia.


Akuarium Akrilik Murah bisa anda dapatkan jika anda membuatnya sendiri, karena rata-rata akuarium acrylic lebih mahal dibandingkan dengan akuarium kaca. Tapi gak masalah karena akuarium tersebut memiliki banyak kelebihan dibanding dengan kaca yang mudah pecah.
harga akuarium akrilik


Akuarium Akrilik Bandung saat ini sedang tenar, banyak pecinta ikan hias yang beralih dari akuarium kaca menutu akuarium akrilik, disana banyak yang jual akuarium jenis akrilik. Untuk itu, silahkan pergi ke bandung untuk mencari akuarium berkualitas. Di toko online OLX, Tokopedia dan lain sebagainya juga banyak yang dari bandung kok.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Akrilik pasti ada, jangan asal membeli akuarium akrilik kalau belum mengetahui kelebihan dan kekurangannya secara detail. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan akrilik merupakan salah saju jenis dari plastik, memiliki kejernihan yang tinggi serta kokoh. Berbeda dengan kaca yang memiliki sifat getas, sedangkan akrilik elastis dan tidak mudah pecah.

Kelebihan Dan Kekurangan Aquarium Akrilik

Berikut ini akan kami paparkan Kelebihan dan Kekurangan akuarium akrilik dari berbagai sector, dari sector bentuk, kejernihan dan lain sebagainya.

Bentuk


Akrilik memiliki kelebihan dalam bidang bentuk, karena pada dasarnya akrilik merupakan salah satu jenis plastik dengan sifat elastisnya maka akrilik mudah dibentuk sesuai keinginan anda. Produsen akrilik tidak pernah kehabisan ide karena memang bisa dibentuk dengan berbagai bentuk. Sedangkan akuarium kaca hanya bisa dibentuk persegi.

Ketahanan


Kelebihan akrilik yang kedua adalah tidak pecah, dengan bahan plastik yang mudah di bentuk tidak bisa pecah. Sedangkan akuarium kaca mudah pecah, karena sifatnya yang keras dang etas, dan jika pada bagian bawah kaca pecah maka akan bocor dan tidak bisa digunakan lagi. Mengenai sifat ini sangat berbeda jauh, bahan akrilik terbilang sangat kuat terhadap benturan.
harga akuarium akrilik


Jernih


Untuk kejernihan akuarium kaca leebih jernih dari akuarium akrilik, tapi semakin tebal kaca akan menjadikan akuarium tampak buram. Tapi akuarium akrilik yang tebal, besar tidak ditumbuhi lumut sehingga biasanya akuarium raksasa terbuat dari bahan akrilik.

Ringan


Mengenai bobot, akuarium akrilik lebih ringan dibandingkan dengan aquarium kaca, sebabnya karena susunan partikel akrilik tidak terlalu rapat, dan itulah yang menjadikannya lebih elastis. Partikel akuarium kaca lebih padat, tapi sayang karena partikel kaca tidak memiliki susunan yang kuat sehingga gampang pecah saat benturan.

Tergores


Kelemahan akuarium akrilik yang paling menonjol adalah pada sector ini, yaitu mudah tergores. Saat akuarium sudah tergores maka tampilannya sudah tidak jernih lagi. Tapi, akuarium akrilik yang tergores bisa dihilangkan dengan perawatan tertentu. Akuarium kaca lebih tahan dari goresan, tapi bila sudah tergores akan berakibat kebocoran.

Pembuatan


Pembuatan akuarium kaca lebih mudah dan tidak terlalu sulit, waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama apalagi anda sudah mahir dalam membuat akuarium. Karena pada dasar pembuatannya hanya menempelkan lembaran kaca membentuk balok. Sedangkan, akuarium akrilik lebih susah dari pada akuarium kaca, dan membutuhkan banyak lama.

Lem


Pembuatan akuarium tentu tidak lepas dengan adanya lem,lem yang digunakan untuk membuat akuarium akrilik berbeda dengan akuarium kaca, untuk jenis akrilik menggunakan lem jenis solven karena akan membuat hasil akhir sambungannya menjadi akrilik sehingga tidak rawan bocor. Dan untuk memakai lem bisa berbasis silicon, lem silicon tetap silicon, dan tidak berubah menjadi kaca. Itu sebabnya daya rekat lem tersebut lama kelamaan bisa menurun hingga bocor.

Simak Juga 60 Model Akuarium Kecil Cocok Untuk Hiasan Kamar Anda

Membersihkan Akuarium Akrilik bisa menggunakan bahan pembersih dan kapas, jangan gunakan pisau untuk membersihkannya karena bahan akrilik mudah tergores, dan saat tergores akan sulit dihilangkan. Berbeda dengan akuarium kaca yang bisa anda bersihkan menggunakan pisau, untuk menghilangkan kerak dan lumut.

Jika anda menginginkan akuarium berbentuk akrilik, anda bisa membelinya di toko yang sudah tersedia dengan harga yang terjangkau. Dan jika anda menginginakn untuk Buat Aquarium Akrilik bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah.

1 comment:

  1. Terimakasih infonya jangan lupa kunjungi kami https://bit.ly/2NvrZZc

    ReplyDelete