Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Foto Terbaru

iklan
iklan fluid
 Jenis Ikan Cupang -  Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias dengan ciri khas yang berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan cupang ini memiliki sifat yang agresif, suka bertarung dan menyerang lawannya. Selain sifatnya yang agresif, ikan ini juga memiliki bentuk yang cantik, dilihat dari warnanya yang bervariasi dan hidup, serta sirip yang lebar dengan gerakan yang tenang dan berwibawa. Terkadang ikan cupang ini dinamai sebagai ikan aduan.

Di Indonesia sendiri banyak penghobi ikan hias cupang, ada yang mengkoleksi untuk aduan dan ada juga yang mengoleksi karena keindahan tubuh ikan cupang. Diantara jenis ikan cupang yang jadi favorit di Indonesia adalah Halfmon, Crown Tail, Plaat, Double Tail dan lain sebagainya.

Saat ini sudah terdapat 13 kompleks ikan cupang dan yang paling populer adalah splendens complex, biasanya antar spesies ikan cupang dikawinkan dengan cupang spesies lainnya agar mendapatkan keturunan yang berkualitas. Sedangkan kompleks Splendens Compex terdiri dari 5 spesies yaitu etta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina, Betta imbellis, dan Betta splendens itu sendiri.

Penasaran dengan nama ikan hias cupang? Nah, kali ini kami situs Budidaya ikan hias akan merangkum berbagai jenis ikan hias cupang sebagai berikut:

Jenis Ikan Cupang


1. Halfmoon (bulan sepotong)

jenis ikan cupang


Apabila kita lihat dari namanya, ikan cupang jenis ini memang memiliki bentuk tubuh yang indah yaitu dengan sirip dan ekor yang seolah menyatu sehingga memiliki bentuk setengah lingkaran, dan apabila dilihat dari samping maka siripnya mirip seperti bulan sebelah. Ikan jenis halfmoon dipelihara karena keindahan ekornya serta warna yang menyala-nyala.

2.Crown tail (serit)


Ikan cupang yang mendunia kedua yaitu ikan Crown tail ( serit ), ikan ini berasal dari Daerah Slipi, jakarta yang mendunia karena variasi keindahannya.
jenis ikan cupang


3. Plakat (petarung)


Ikan cupang yang ketiga adalah ikan Cupang Plakat yang berasal dari thailand dengan arti Petarung atau Laga, berdasarkan namanya, ikan cupang ini memang biasa digunakan para penghobi untuk cupang aduan dan memang tradisi di negara thailand yang biasa menjadikan ikan sebagai aduan.
jenis ikan cupang


4. Dauble tail (cagak)

jenis ikan cupang

Ikan cupang Double Tail adalah ikan cupang dengan keindahan ekor yang terbelah menjadi dua seperti bercagak dua, ikan cupang ini tergoong sulit untuk dikembang biakkan, jadi ikan jenis ini jarang dijumpai di pasaran.

5. Giant (raksasa)

jenis ikan cupang

Ikan cupang yang kelima adalah ikan Cupang Giant, ikan jenis ini merupakan ikan cupang raksasa yang berhasil dikembangkan di thailand dengan ukuran terbesar yaitu 12 cm dan memang jauh lebih besar dibandingkan dengan cupang lainnya. Ikan cupang giant sendiri memiliki beberapa jenis yaitu Halfmont Giant, Double Tail Giant dan Crown Tail Giant.

Harga Ikan Cupang

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, untuk harga ikan cupang aduan dan cupang hias berbeda-beda, dilihat dari cantiknya ikan, dan tangguhnya ikan. Selain itu juga setiap daerah berbeda-beda harganya, harga dimulai 2000 rupiah hingga jutaan rupiah.

Jenis ikan cupang cukup banyak, untuk itu bagi anda penghobi ikan cupang bisa memilikinya semua. Dan satu pesan untuk penghobi ikan cupang aduan, kalau bisa ikan cupang jangan di adu dombakan yah? Mengingat ikan cuga makhluk hidup yang memiliki rasa sakit. :-), Baiklah, itu saja yang bisa kami sampaikan dan terimakasih atas kunjungannya.
iklan auto relax

Post a Comment

0 Comments