Budidaya Ikan Hias

Blog Budidaya Ikan Hias merupakan Blog yang berisi Seputar Dunia Ikan Diantaranya Ikan Lele,Ikan patin, Ikan Hias dan lain Sebagainya

Sunday, December 18, 2016

Cara Budidaya Ikan Toman Ladang Bisnis Menguntungkan Terbaru

Budidayaikan.com- Budidaya Ikan Toman – Ikan Toman merupakan jenis Ikan Predator Air Tawar yang juga digunakan sebagai ikan hias akuarium, mengenai bentuk tubuhnya seperti torpedo dengan bentuk warna yang cantik sehingga mampu dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi pecinta Ikan hias.

Ikan Toman juga merupakan salah satu ikan air tawar terbesar dari suku gabus ~> channidae, semua jenis tersebut termasuk hewan karnivora atau predator, selain dijadikan sebagai ikan hias akuarium juga bisa dimakan, pasalnya ikan Toman ini selain memiliki kelebihan pada sisi keindahan tubuhnya juga bisa dimakan, dan didalamnya mengandung berbagai macam zat dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.
Budidaya Ikan Toman


Sebelum kita masuk pada pembahasan Cara Budidaya Ikan Toman, tak ada salahnya kita membahas tentang klarifikasi ikan Toman, sebagai berikut: [su_table]

Klarifikasi Ikan Toman

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Famili Channidae
Genus Channa
Spesies C. Micropeltes
[/su_table]

Seperti halnya ikan gabus, Ikan Toman merupakan salah satu ikan predator yang agresif, didalam habitat aslinya, Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil, serangga, kodok kecil atau percil. Oleh karena itu, bagi anda yang hoby memancing, bisa menjadikan percil atau kodok kecil sebagai umpannya untuk mendapatkan strike berupa ikan Toman yang besar.

Simak Juga Cara Budidaya dan Jenis Ikan Guppy Sukses Termudah 2016

Bentuk keagresifan ikan toman tampak begituu buas saat menyerang mangsanya yang mencoba mendekat saat ikan toman sedang mengasuh anak-anaknya, pasalnya ikan toman tidak bisa tenang dan berfikir akan mengganggu anak-anaknya.

Dengan karakteristik keagresifan ikan toman tersebut, Orang banjar mampu menjadi peluang yang sangat besar untuk bisa mendapatkan strike ikan Toman, Berdasarkan Prilaku agresif saat menjaga anak-anaknya, Mereka memancing ikan Toman dan Ikan gabus menggunakan belibis yang di ikan sebagai pengganggu agar indukan mendekat, dan mengenai umpan yang diberikan adalah kodok.

Ikan Toman tersebut termasuk ikan Predator air tawar yang unik, pasalnya selain insan yang dimiliki Ikan Toman juga memiliki paru-paru primitive yang menjadikan ikan mampu bertahan disaat berada pada kondisi air yang minim kadar oksigen.  Bahkan ikan Toman mampu berjalan dilumpur dalam kurun waktu yang relative lama.

Ikan Toman juga disebut sebagai Snakehead, pasalnya pada bagian kepala Ikan Toman mirip dengan ular sanca, dengan rahang yang kuat serta gigi ikan Toman yang tajam menjadi senjata ampuh bagi ikan predator untuk menerkam mangsanya.

Disebut dengan snakehead, karena kepala ikan toman mirip den

HARGA IKAN TOMAN DI PASARAN

Mengenai harga yang ditawarkan ikan toman dipasaran bervariasi, antara ikan Toman Hias dengan Ikan Toman konsumsi berbeda harganya. Untuk Ikan Hias toman biasanya dijual ketika masih kecil, pasalnya saat ikan toman berusia muda, memiliki warna yang sangat cantik dengan tubuh berwarna kekuningan dan memiliki garis berwarna merah dibagian tengahnya.

Sedangkan ikan Toman konsumsi dibanderol dengan harga yang lebih mahal, untuk 1 Kg Ikan Toman dibanderol sekitar 60 ribu rupiah, kenapa ikan konsumsi lebih mahal daripada ikan Hias Toman,  pasalnya Ikan Toman konsumsi yang sudah besar memiliki banyak manfaat dan zat yang berguna untuk membantu proses penyembuhan penyakit. Oleh karena itu, Ikan ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Manfaat Ikan Gabus Toman disebabkan adalnya kandungan albumin yang berada ditubuhnya. Dengan alasan itulah, ikan Toman ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Dengan manfaat yang tinggi, serta harga ikan Toman yang tinggi juga mampu dijadikan sebagai ladang bisnis untuk meraup keuntungan yang besar dengan Cara Budidaya Ikan Toman terbaru .

Sebelum membahas tutorial atau cara Budidaya Ikan Toman, marilah kita masuk pada pembahasan Manfaat Ikan Toman dan kerugiannya saat dikonsumsi manusia.

Selain memiliki kandungan Albumin yang berguna untuk membantu proses penyembuhan penyakit, Ikan Toman juga bermanfaat bagi para petani yang menanam padi di sawah. Pasalnya disawah terkadang banyak keong mas yang menjadi Hama bagi padi  disawah. Sehingga menyebabkan petani gagal panen. Dengan sebab tersebut, budidaya Ikan Toman di Sawah menjadi berguna untuk menyerang hama-hama disawah para petani.

Bagi orang Sumatra dan Kalimantan, Ikan Toman dijadikan sebagai mata pencaharian merekadengan menangkap ikan toman di Rawa-rawa, sungai ataupun danau yang dijadikan sebagai ikan asin yang dijual kepulau lainnya seperti pulau jawa dan pulau lainnya.

Sedangkan salah satu kerugian yang dimiliki adalah berbahaya ketika Ikan Toman masuk pada kolam ikan para petani ikan, pasalnya ikan Toman ini akan menjadi predator yang memangsa Ikan kecil sehingga bisa-bisa ikan Toman yang anda pelihara akan memakan semua ikan yang ada dikolam petani ikan.

Simak Juga Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan

Baiklah, setelah anda mengenal Ikan Toman lebih dalam dari mulai Klarifikasi, Harga maupun keuntungan serta kerugian membudidayakan Ikan toman yang sudah kami jelaskan secara runtut dan jelas, nah kali ini kami Budidaya Ikan Hias akan merangkum Cara Budidaya Ikan Toman sebagai berikut.

Cara Budidaya Ikan Toman di Akuarium atau Keramba ataupun kolam terpal

Mengenai  media tempat yang digunakan untuk membudidaya Ikan Toman terserah anda, pasalnya Ikan toman bisa hidup diberbagai media atau tempat, adapun tempat budidaya yang paling popular adalah budidaya menggunakan media keramba dengan alasan Ikan Toman lebih cepat besar didalam keramba atau tempat alami daripada media terpal ataupun kolam beton.

Kelemahan Budidaya Ikan Toman dikeramba adalah, keramba hanya bisa dilakukan di pinggir-pinggir sungai, dengan demikian Budidaya Ikan Toman di Keramba hanya bisa dilakukan oleh pembudidaya Ikan yang dekat dengan sungai. Bagi yang tempat tinggalnya tidak dekat dengan sungai tidak bisa menggunakan keramba. Meski demikian, anda tidak perlu panik ketika rumah yang anda tempati tidak dekat dengan sungai karena bisa menggunakan media kolam terpal atau kolam beton.

Salah satu solusi yang tidak bisa menggunakan media keramba, kolam terpal atau beton karena alasan lahat terbatas atau yang lainnya, Budidaya Ikan Toman di Akuarium sebagai salah satu alternative untuk bisa memiliki ladang bisnis melalui Budidaya Ikan Toman.tapi memang media yang tidak begitu memadai maka hasilnya pun tidak begitu efektif.

Untuk Budidaya Ikan Toman di Akuarium tidak memerlukan banyak modal dan juga mudah untuk dilakukan, sebaiknya budidaya Ikan Toman langsung membeli bibit saja, pasalnya kalau dimulai dari pemilihan induk, pemijahan serta penetasan telur akan memakan waktu yang lebih lama. Dan juga membutuhkan ketelitian seperti membedakan ikan toman jantan dan betina, dan ketelitian lain sebagainya.

Simak Juga Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar Di Kolam

Adapun langkah-langkah Budiday ikan Toman menggunakan media akuarium sebagai berikut:

CARA BUDIDAYA IKAN TOMAN

Adapun yang harus dilakukan untuk membudidaya ikan toman adalah sebagai berikut.

1. Pemberian Pakan Ikan Toman

Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan Toman merupakan salah satu ikan jenis Predator, maka berdasarkan sifat tersebut harusnya pembudidaya Ikan Toman memberikan pakan yang masih hidup agar gizi pakan lebih terjaga sehingga ikan toman memiliki perkembangan yang cepat. Dalam pemberian pakan Ikan Toman tidak boleh telat, karena ikan Toman merupakan hewan kanibal maka akan memakan teman ikan toman lainnya.

2. Siapkan Bibit yang Berkualitas

Setelah menentukan pakan ikan yang masih hidup, langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit yang berkualitas agar hasil yang didapatkan pun berkualitas. Jika, Pembudidaya Ikan Toman yang baru dibeli baru berusia 5 hari maka kutu air merupakan pakan ikan Toman yang paling tepat untuk anakan Toman.
Budidaya Ikan Toman

Ketika Ikan Toman sudah cukup besar maka makanan yang disukai Ikan Toman adalah Ikan yang berukuran kecil sehingga bisa masuk kedalam mulutnya.

3. Panen Budidaya Ikan Toman

Tujuan Budidaya Ikan Toman bisa dijadikan sebagai ikan Hias maupun Ikan konsumsi, dengan demikian untuk sesi panen Ikan toman merupakan suatu kelebihan yang tidak dimiliki pembudidaya Ikan lainnya seperti Ikan lele,Ikan Nila, Budidaya Ikan Gurame maupun ikan tawar lainnya. Dengan demikian, pembudidaya Ikan Toman bisa memanen kapan saja sesuai kebutuhan pembudidaya.

Baiklah, demikian Cara Budidaya Ikan Toman yang berhasil kami paparkan dengan detail dan jelas, bagi anda yang ingin meraup keuntungan dari budidaya ikan toman, anda bisa menjadikan ikan toman sebagai ladang bisnis anda mengingat permintaan pasar semakin tinggi, serta penyedia pasar yang masih rendah sehingga harga yang ditawarkan sangat mahal.

1 comment: