Budidaya Ikan Hias

Blog Budidaya Ikan Hias merupakan Blog yang berisi Seputar Dunia Ikan Diantaranya Ikan Lele,Ikan patin, Ikan Hias dan lain Sebagainya

Wednesday, December 21, 2016

Cara Budidaya, Jenis dan Harga Ikan Discus Terbaru

iklan
iklan
iklan
Budidayaikanhias.com – Budidaya Ikan Discus – Ikan Discus merupakan Ikan Hias Air tawar yang memiliki keindahan pada sisi tubuh dan warna yang dimiliki, Ikan ini tergolong agak mahal karena keindahan yang dimilikinya. Ikan Discus memiliki berbagai macam jenis Ikan Discus, didalam artikel ini akan kami paparkan Jenis ikan Discus dan Cara Budidaya Ikan Discus secara detail dan gamblang.

Ikan Discus merupakan salah satu jenis Ikan Hias Air tawar yang banyak penggemarnya, bahkan banyak berbagai kalangan diseluruuh nusantara banyak yang mencari Ikan Hias Discus di tanah air. Nama Ikan Discus diambil dari karakter Ikan pada bagian tubuhnya yang hampir menyerupai seperti piringan Lebar.

simak juga Cara Budidaya Ikan Toman Ladang Bisnis Menguntungkan Terbaru

Ikan Discus merupakan bagian family atau keluarga genus dari  Symphysodon dan cichlidae yang banyak ditemukan dibelakah dunia benua amerika, salah satunya berada di Sungai Amozon City. Dengan asal yang jauh menjadikan Ikan Discuss tergolong memiliki banderol harga yang lebih mahal.

Saat Ini di Indonesia banyak sekali Ikan Discuss, banyak Rupa-rupa jenis Ikan Discuss dan setiap jenis bisa dibedakan namanya dari berbagai Corak warna yang berada pada tubuhnya, artinya melekat pada seluruh tubuhnya. Jadi kita bisa membedakan Jenis Ikan discus hanya dengan melihat warna yang melekat.

Menariknya lagi, Ikan Discuss memiliki cirri khas yang sangat menarik bagi setiap orang, terlebih kepada pecinta Ikn Hias, cirri khas Ikan Discus tersebut adalah terdapat Garis-garis pada bagian Tubuh yang melukis dari ujung ekor hingga menuju kepala Ikan Discuss, dengan demikian menjadikan Ikan Discuss ini tampak cantik.

Kelebihan itulah yang menjadikan para pecinta Ikan Hias memilih Ikan Discus dijadikan sebagai Ikan Hiasan rumah dan dijadikan sebagai hewan peliharaan yang enak dipandang ketika sedang istirahat.

HARGA IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK


Mengenai Harga yang ditawarkan, Ikan Hias Discuss dibanderol dengan harga yang standard, rata-rata diambil dan dikategorikan berdasarkan corak warna dan berdasarkan keistimewaan yang dimiliki seperti pola garis melintang,yang menyeluruh. Apabila warna yang ditawarkan semakin cerah dan memiliki pola batik yang istimewa dan cantik, maka pasaran Harga Ikan discus dipasaran akan semakiin mahal, artinya harga Ikan Discuss itu relative.

Untuk Harga Standard Ikan Discuss bervariasi, Harga per bibit Ikan Discuss kisaran antara Rp. 2.000, hingga Rp.10.000 per ekornya , sedangkan ketika Ikan Discuss sudah dewasa, Ikan ini dibanderol dengan harga mencapai kisaran Rp.20.000 hingga mencapai Rp. 100.000 per ekor. Murah bukan? Memang harga yang ditawarkan sangat murah karena keindahan Ikan discuss sangat istimewa.

JENIS IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK



Baiklah, setelah mengetahui Harga Pasaran ikan Discuss kini lanjut pembahasan mengenai Rangkuman jenis Ikan Hias Discuss yang akan kami Budidaya Ikan Hias Rangkum Jenis-Jenis Ikan Hias Discus Sebagai berikut.

1. JENIS IKAN DISCUS CHECKER BOARD PIGOEN



Ikan Disucus Checker Board Pigoen merupakan Jenis Ikan Hias Discus yang pertama yang berhasil kami rangkum dengan cirri khas keindahan pada corak dasarnya yang ditandai dengan warna dasar putih yang dihiasi dengan beberapa corak warna merah yang sangat cerah. Ikan Discus tersebut tampak indah dengan corak merah yang melekat di tubuh Ikan Discuss.
Jenis Ikan Discus


Corak merrah yang berada pada Ikan Discuss tipe Ini seperti targambar Goresan yang tidak lurus, akan tetapi berpola seperti urat yang teratur. Tak hanya itu saja, Ikan ini juga terdapat ada warna kuning yang melekat pada bagian kepala dan mulutnya. Dengan berbagai corak tersebut menjadikan Ikan discuss ini tampak cantik.

2. JENIS IKAN DISCUS RED RIBBON



Jenis Ikan Discuss kedua yaitu Ikan Discus Red Ribbon yang merupakan salah satu jenis ikan Discus yang ditandai dengan warna kuning pada seluruh tubuhnya dengan warna agak kemerah-merahan serta memiliki pola yang indah dan cantik.Ikan ini juga dihiasi dengan lukiasan putih di seluruh atau sekujur tuubuhnya, juga terdapat pola batiknya yang cenderung berbentuk panjang dan rumit.
Jenis Ikan Discus


3. JENIS IKAN DISCUS PEARL PIGEON



Jenis Ikan Discus yang ketiga adalah Ikan Discus Pearl Pigeon yang merupakan salah satu tipe ikan discus yang memiliki tanda warna dasar merah, dengan dasar yang merah tersebut dibekali dengan corak bintik-bintik kecil berwarna putih cerah diseluruh tubuhnya, dan dibagian kepalanya memiliki warna orange. Dengan corak yang demikian, Ikan discus jenis ini tampak cantik dan lebih elegan.



4. JENIS IKAN DISCUS MARLBORO RED



Berikutnya, jenis Ikan discus yang ke empat yaitu Ikan Discus Marlboro Red, berdasarkan namanya kita bisa tahu kalau Ikan ini ditandai dengan warna dasar Merah, dilengkapi dengan warna Orange kemerah-merahan di seluruh tubuhnya yang terlihat seperti menyala saat terkena sinar lampu. Ikan Discus ini memiliki beberapa warna merah menyala pada bagian sekitar siripnya, serta terdapat beberapa pola titik putih dibagian sirip dan bagian sekitar mata ikan.
jenis ikan discus


5. JENIS IKAN DISCUS GOLD YELLOW DIAMOND


Berikutnya, Ikan Discus Gold Yellow Diamond merupakan jenis Ikan Discus ke lima yang memiliki cirri khas warna kuning cerah yang menyala-nyala di seluruh bagian tubuhnya. Oleh karena itu , Ikan Discus jenis ini diberi nama Gold Yellow. Ikan hias jenis ini diperindah dengan adanya bintik-bintik putih cerah pada bagian ekor dan sekitar matanya.
jenis ikan discus


6. JENIS IKAN DISCUS ANGEL BLUE DIAMOND


Ikan Discus Angel Blue Diamond merupakan Jenis Ikan Discus keenam yang memiliki cirri khas tersendiri dengan memiliki warna biru polos pada seluruh tubuh yang dimiliki. Warna biru tersebut tergambarr dengan warna biru telur bebek yaitu warna biru yang agak putih. Dengan warna yang cantik menjadikan ikan tampak lebih cantik.Ikan Discus jenis ini tergolong ikan yang agak mahal, pasalnya Ikan Discus ini memiliki warna biru mudah yang cerah ketika ada sorotan lampu, sehingga warnanya menyala-nyala.
jenis ikan discus

Setelah mengetahui semua jenis Ikan Discus yang berhasil kami rangkum, kini saatnya kita beranjak untuk membahas Cara Budidaya Ikan Discus sebagai berikut.

CARA BUDIDAYA IKAN DISCUS


Untuk bisa membudidaya ataupun beternak Ikan Discus yang memiliki kualitas yang baik, kita perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya memerlukan air dengan suhu hidupnya sekitar 25-30 derajat celcius, kemudian kadar Ph yang dibutuhkan sekitar 5-6,5. Tentunya harus menyesuaikan dengan temperature dan keadaan sekitarnya. Selain itu juga perlu memperhatikan Pakan ikan discus agar medapatkan burayak ikan yang berkualitas.

Simak juga Cara Budidaya dan Jenis Ikan Guppy Sukses Termudah 2016

Jadi sebelum melangkan Cara Budidaya Ikan Discus,  kini pembahasan dialihkan ke Pakan Ikan Discus terlebih dahulu , karena pakan ikan merupakan salah satu hal yang vital untuk perkembangan dan pertumbuhan Ikan Discus.

PAKAN IKAN DISCUS

Pakan Ikan Discus yang sangat efektif adalah Pakan Alami, pakan alami tersebut merupakan Jenis pakan yang sangat disukai Ikan Discus, Manfaat dan fungsi pakan alami sangatlah banyak, diantaranya yaitu

  • Mampu merangsang insting serta naluri Ikan
  • Ikan bertambah lincah, gesit serta sehat
  • Warna Ikan akan lebih indah
  • Terjaga kebugarannya dan cepat dalam pertumbuhan

Disamping terdapat banyak manfaat yang ditawarkan, makanan alami juga tentu mudah untuk ditemukan dan dicari dengan harga yang murah. Salah satu makanan alami yang berada disekeliling kita yaitu Cacing, Jentik nyamuk, larva semut merah dan lain sebagainya. Terasa mudah tentunya jika anda berada diwilayah pedesaan, namun jika anda berada diwilayah perkotaan tentunya hal tersebut akan terasa sulit.

Bagi anda peternak ikan Discus, ada hal yang sangat penting sekali untuk dijaga yang kebanyakan peternak tidak memperhatikan hal ini yaitu menjaga Ikan agar terhindar dari stress yang akan mengakibatkan ikan mudah terjangkit penyakit.selain itu, di setiap akuarium memiliki koloni mikroorganisme yang tidak begitu bermanfaat bagi ikan, hal tersebut juga salah satu factor penyebab penyakit pada ikan.

Baiklah, langsung saja lanjut kepada pembahasan Cara Budidaya Ikan Discus sebagai berikut:

1. SIAPKAN AKUARIUM YANG LAYAK


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk Budidaya Ikan Discus adalah menyediakan Akuarium yang layak untuk kehidupan Ikan Discus, artinya akuarium yang bersih, dan luas sehingga ikan tersebut akan longgar untuk bergerak dan berenang.  Akuarium dan air merpakan salah satu factor utama yang harus dijaga, kondisi akuarium sangat berpengaruh terhadap kesehatan Ikan Discus.

Dengan demikian,  bagi pembudidaya Ikan Discus harus menyediakan beberapa perlengkapan pendukung dan peralatan yang dibutuhkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kejernihan air yang berada diakuarium.salah satu peralatan yang sangat bermanfaat adalah Heater yang berguna untuk mengatur suhu panas pada air akuariuum sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan ikan.

Alat ini sangat pas ketika keadaan air di akuarium sangat dingin, dengan menggunakan Heater maka kondisi air di akuarium akan terasa hangat sehingga menjadikan ikan lebih nyaman. Biasanya, suhu normal yang sesuai dengan ikan discus sekitar 27 hingga 32 derajat celcius.

2. BERI PENERANGAN YANG CUKUP


Langkah kedua untuk budidaya Ikan discus adalah menyiapkan penerangan yang cukup pada akuarium, dari berbagai factor penting lainnya. Pencahayaan pada akuarium ikan discur menjadi salah satu hal penting untuk membudidaya Ikan Discus.  Disamping menjadikan Ikan discus tampak sehat, pencahayaan juga bisa menjadikan ikan Discus yang kita miliki lebih cantik di bagian tubuhnya sehingga mengeluarkan warna ikan yang lebih indah.

Simak Juga Cara Budidaya Infusoria Pakan Burayak Ikan

3.MENJAGA KEBERSIHAN AIR


Kemudian setelah mempersiapkan akuarium yang layak dan pencahayaan yang layak juga harus menjaga kebersihan Air,  karena dengan kebersihan air bersih akan mempengaruhi kondisi kebugaran Ikan discus.  Jika pembudidaya Ikan Discus kurang rajin untuk memperhatikan kebersihan air akuarium maka bisa-bisa ikan discus akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, akibat kurang jernihnya air akan berakibat pada ikan yang terlihat lemas dan tidak menarik lagi untuk dilihat.karena air yang tidak pernah dibersihkan terdapat banyak bakteri jahat yang mengancam ikan discus yang anda budidaya.

4. Pemberian Pakan Ikan DISCUS


Kemudian, untuk membudidaya Ikan Discus harus memberikan pakan yang pantas dan bergizi untuk perkembang biakan dan pertumbuhan Ikan Discus, seperti yang sudah kami paparkan tadi , lebih efektifnya Ikan Discus diberi pakan yang alami sehingga memiliki vitamin yang tinggi.

Biasanya kalau ikan Discus hidup dialam bebas, Makan Ikan Discus berupa pakan alami yang berada disekeliling Ikan Discus tinggal, diantaranya yaitu Artemia, Telur udang galah, Telur udang lobster, Jentik nyamuk, Blood Worm atau Cacing Darah, Cacing Tubifex, Kutu air, dan Infusoria serta rotifera. Dari semua itu, pakan alami tersebut mampu menjadikan pertumbuhan ikan tumbuh pesat dan memiliki warna yang indah.

Baiklah guys,  kami telah mereview Cara Budidaya Ikan Discus secara detail dan gambling, selain budidaya, kami juga memparkan beberapa jenis Ikan discus tercantik di Indonesia Khususnya. Baiklah, apabila ada pertanyaan silahkan taru pertanyaan dikomentar sehingga nanti kita bisa berdiskusi bersama.

No comments:

Post a Comment