Budidaya Ikan Hias

Blog Budidaya Ikan Hias merupakan Blog yang berisi Seputar Dunia Ikan Diantaranya Ikan Lele,Ikan patin, Ikan Hias dan lain Sebagainya

Sunday, April 8, 2018

Cara Membuat Kolam Ikan Paling Ideal untuk Budidaya Terbaru 2018

Kolam Ikan- budidaya ikan hias harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya jenis ikan hias, air ikan hias, kolam ikan hias atau bisa menggunakan aquarium. Budidaya ikan hias merupakan usaha yang menguntungkan, terkadang banyak petani ikan hias yang gulung tikar hanya karena tempat yang disediakan tidak memadahi atau tidak nyaman buat ikan hias.

Kolam ikan hias tidak bisa di buat secara asal-asalan, karena kolam merupakan salah satu aspek yang penting untuk perkembangan ikan. Kehidupan ikan juga berpengaruh dengan pertumbuhan ikan. Dengan kolam yang ideal, bibit ikan yang berkualitas, pakan yang bernutrisi menjadikan produktifitas ikan menjadi lebih baik dan menguntungkan.
kolam ikan
kolam ikan


Cara Pembuatan kolam ikan harus memenuhi beberapa syarat, dengan cara menganalisis jenih tanah, kountur lahan, tata letak kolam, irigasi, penggalian, pembuatan tnggul dan sirkulasi air. Oleh karena itu kami situs Budidaya ikan hias thereadthegreens.blogspot.com akan menyajikan cara membuat kolam ideal untuk perkembangan yang baik.
Menganalias Jenis Tanah

Kolam ikan terbaik jika berada pada tanah yang paling baik pula yaitu tanah liat berpasir, tanah ini cukup akan kedap air, teksturnya baik menjadikan pembuatan tanggul semakin mudah. Jika tanah yang akan ditanami kolam terlalu gembur akan membutuhkan tenaga ekstra untuk membuatnya dengan memberikan lapisan semen atau bata, dengan semen dan batu bata efektif untuk mencegah kebocoran tapi biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Cara menentukan jenis tanah yang sederhana dengan menggenggam segumpal tanah yang dibasahi air, kepal dengan tenaga ekstra, setelah itu buka tangan kamu, lihat apa yang terjadi apabila terdapat sedikit pasir maka tanah tersebut tanah liat berpasir. Jika banyak pasir maka tanah tersebut merupakan tanah gembur.

simak juga Gambar Ikan Hias Terbaru 2016

Kontur Lahan


Pembuatan kolam ikan harus menganalisa kontur lahan yang akan ditanami kolam, entah itu datar atau miring. Saat membuat kolam pada lahan yang miring akan mudah mengatur pola air. Pada tanah kontur miring cukup dengan penggalian pada satu sisi, kemudian tanah hasil galian diunakan sebagai tanggul sisi yang lain.

Apabila tanah yang digunakan memiliki kontur datar maka saat membuat kolam ikan harus menggali pada semua sisi, dan hasil galian tersebut dimanfaatkan untuk membuat tanggul. Lahan yang miring akan lebih mudah untuk membuat kolam ikan, lebih jelasnya lihat detail gambar kolam ikan.
Kolam Ikan Penggalian
Kolam Ikan Penggalian


Tata Letak Kolam Ikan


Dalam masalah tata letak pembuatan kolam ikan mudah saja, jika jika hanya membuat satu kolam saja maka lebih sederhana hanya memaksimalkan letak parit dibuat pemasukan dan pembuangan air, dan jika kolam yang dibuat banyak maka pembuat perlu lebih cermat untuk mempertimbangkan secara detail.

Pembuatan kolam ikan terdapat dua tipe untuk system pengairannya yaitu pararel dan seri. Arti pararel yaitu setiap kolam menerima asupan air dari sumber air langsung tanpa perantara.  Saluran irigasi air harus ada setiap kolam ikan. Hanya saja biaya yang digunakan lebih besar. Manfaat system ini akan menjaga kualitas air setiap irigasi, karena air yang masuk tetap selalu segar. Tidak tercemari oleh sisa makanan dan bibit penyakit dari kolam ikan sebelumnya.

Sedang untuk pengairan seri yaitu setiap kolam ikan di irigasi dari kolam lainnya, air yang digunakan lebih sedikit. Seperti kolam ikan pertama mendapatkan air dari sumbernya, sedangkan untuk kedua dan seterusnya mendapatkan asupan air dari kolam pertama dan seterusnya. Seri sangan baik diterapkan pada daerah yang kekeringan artinya sedikit sumber airnya. Hanya saja kelemahannya akan sulit mengontrol pencemaran air dan penyebaran penyakit. Kelebihannya biayanya sangat murah.
CARA MEMBUAT KOLAM IKAN

Cara membuat kolam ikan cukup mudah, terdapat beberapa step pembuatan kolam ikan yang berdimensi besar.

Membuat Tanggul Kolam Ikan

Fungsi tanggul kolam ikan merupakan sebagai penahan dan sebagai pembatas kolam ikan dari air, tanggul  dikatakan baik apabila memilliki kualitas tidak rembes, kuat menahan beban air serta tidak mudah erosi. Seperti yang sudah saya paparkan diatas bahwa analisa tanah sangat penting. Pasalnya supaya  bisa membuat berkualitas. Yang berkualitas berada pada tanah liat berpasir sehingga tidak mudah bocor dan erosi.

a.Tanggul Tanah


setelah menganalisa tanah, dan hasilnya tanah tersebut mampu digunakan sebagai kolam, kolam ikan bisa di buat hanya menggunakan tanggul tanah, dari segi  biaya akan lebih mudah, ikuti langkah untuk membuat tanggul tanah.Gambar terlebih dahulu pola yang akan digali, kemudian ukur tetapkan luas, dan kedalaman yang akan digali serta tentukan garis batasannya.

Langkah pertama adalah menggali tanah lapisan tanah sedalam 10cm terlebih dahulu, pisahkan lapisan tanah tersebut, nantinya akan tebarkan pada dasar kolam. Pasalnya lapisan tanah tersebut terdapan banyak organic yang berguna bagi ikan.


Kemudian gali lagi lapisan berikutnya sedalam 60cm, lapisan tanah ini digunakan untuk tanggul, oleh karena itu anda harus memisahkan batuan, akar dan lain sebagainya agar tanggul yang dibuat tidak bocor ataupun rembes. Untuk pembuatan tanggul sebaiknya memiliki penampang yang berbentuk trapezium(lebar bagian bawah dan menyempit bagian atas). Semakin lebar tanggul yang dibuat akan semakin kokoh.

Agar tanggul yang dibuat kokoh dan kuat, setidaknya pembuat harus menggali dasar tanggul kira-kira sedalam 20-25 cm untuk pondasi. Setelah itu isilah dengan tanah hasil galian tadi. Galian dasar tanggul lebih baik diairi dulu agar kokoh pondasinya.


b.Tanggul Tembok


tanggul tembok pada kolam ikan dibuat apabila pemilik kolam menginginkan kolam permanen dan jenis tanah yang dibuat tidak sesuai atau gembur. Tembok berguna untuk pembatas atau pelapis. Gunanya hanya memperkuat tanggul tanah. Apabila kolam yang dibuat banyak maka harus membuat lapisa tanggul dari batu bata dan adukan semen, sehingga terdapat pembatas kolam satu dengan yang lainnya yang kokoh.

Membuat Saluran Air


Pembuatan kolam ikan memerlukan beberapa steps termasuk membuat saluran air, itu sangat penting untuk menjaga kualitas air kolam yang higenis. Jika tidak ada saluran air atau terhambat akan menyebabkan kualitas air di kolam ikan berkurang bahkan menyebabkan kematian ikan.

Ukuran kolam ikan besar harus terdapat saluran air 2 hingga 3 pasang saluran air, saluran masuk dan keluar harus seimbang. Dan untuk ukuran kolam ikan kecil cukup hanya satau pasang saluran saja. Jarak pemasukan dan pengeluaran saluran air jangan  terlalu berdekatan. Agar fungsinya maksimal.
kolam ikan saluran air
kolam ikan saluran air


a.Saluran Masuk


pembuatan saluran masuk pada kolam ikan bisa dengan bamboo ataupun pipa PVC, pipa diletakkan dalam tanggul menembus tanggul, ketinggian pipa harus sejajar atau lebih tinggi dari permukaan standart air kolam  yang dikehendaki pemilik. Pemasangan pipa harus datar dan dikasih jaring agar tidak ada hewan apapun yang keluar masuk ke kolam.

b. Saluran Keluar


terdapat dua saluran keluar, yang pertama saluran keluar untuk memanen ikan dan yang kedua saluran keluar untuk sirkulasi air kolam. Keduanya bisa disatukan, sedangkan teknik pembuatak kedua saluran tersebut bisa disatukan dan bisa dipisahkan.

Teknik pertama secara terpisah, pipa sirkulasi air diletakkan dipermukaan kolam secara mendatar,sedangkan pengeluaran air untuk panen diletakkan pada dasar kolam. Untuk pipa yang dipermukaan kolam dipasang melintang pada tanggul. Pipa Bagian dalam lebih rendah dari bagian luar kolam.

Sedangkan untuk pipa pengeluaran air untuk panen, diletakkan pada dasar kolam, biasanya diletakkan pada saluran kemalir dan di ujung pipa dikasih katup yang bisa terbuka dan tertutup. Agar kolam ikan tetap kondusif.

Teknik pembuatan sirkulasi air dan pemanenan pada kolam ikan secara menyatu yaitu perlu adanya pipa berbentuuk "L" atau siku. Pipa ini diletakkan pada dasar kolam,yang mengarah keluar dengan membentuk huruf "L" dan mengadah keatas. Ketinggian pipa yang berada diatas berdiri vertical harus sejajar dengan air kolam ikan. Dengan teknik semacam ini mempermudah settingan air kolam.

Membuat Kemalir


Bagian penting lainnya pada kolam ikan yaitu saluran kemalier merupakan parit berada pada dasar kolam ikan memiliki kedalaman sekitar 20hingga  30 cm. fungsi kemalir untuk membantu panen, menampun sisa endapan pakan, pengendapan lumpur berbahaya dan mengatur aliran air bawah tanah. Sedangkan untuk jumlah kemalir disesuaikan dengan jumlah saluran air  keluar pada kolam ikan.]
Kolam Ikan Kemalir
Kolam Ikan Kemalir


Begitulah cara membuat kolam ikan di situs ikan hias readthegreens.blogspot.com, semoga cara pembuatan kolam ikan bisa bermanfaat untuk anda calon atau pengusaha ikan. Dengan kolam ikan yang berkualitas maka akan menghasilkan ikan yang berkualitas pula.

1 comment:

  1. terimakasih infonya, sangat membantu dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete